Main | Registration | Login | RSS
"Robot Race" Robotic Competition 2011
Electrobo Vaganza & Robotic Competition
Site menu
Statistics

Total online: 1
Guests: 1
Users: 0
Robotic Olympiad Events

IRO09-Elementary Category


 Elementary

 

 

 



 

 

 

 

 

 

 


Triathlon (Elementary School Category)

Robot mulai dengan membawa satu bola ping-pong dari Star Area, melewati labirin dan daerah abu-abu, dan menuju ke Base Camp. Setelah di Base Camp, robot menembak bola.

Dimungkinkan adanya peraturan tambahan, dan akan diumumkan sebelum pertandingan dimulai.

ARENA :

  1. Arena pertandingan terbuat dari beberapa bahan seperti kayu, plastik, dan lain-lain, dan akan diberi warna sesuai dengan gambar di atas.
  2. Ukuran dalam arena adalah panjang 2360 mm dan lebar 1160 mm. Ukuran luar arena adalah panjang 2440 mm dan lebar 1240 mm. Tinggi dinding labirin adalah 100 mm. Lebar garis hitam adalah 18 mm.
  3. Terdapat dinding pembatas di antara 4 zona putih-abu-abu. Ukuran dinding pembatas tersebut adalah panjang 1100 mm, tinggi 100 mm, dan lebar 12 mm.
  4. Ukuran Start Area adalah panjang 250 mm dan lebar 250 mm. Ukuran Base Camp adalah panjang 450 mm dan lebar 300 mm.
  5. Ukuran keranjang bola adalah diameter 100 mm dan tinggi 100 mm. Ukuran Backboard dari keranjang adalah tinggi 200 mm dan lebar 300 mm.
  6. Bola untuk menembak adalah bola ping-pong berwarna kuning/orange. Jumlah bola hanya 1 (satu) buah.
  7. Tidak terdapat dinding pembatas pada seluruh tepi arena. Akan tetapi terdapat garis pembatas hitam. Lebar garis pembatas hitam adalah 40 mm.
  8. Toleransi kesalahan ukuran arena ± 5 cm.

Gambar dibawah ini merupakan contoh keranjang bola untuk menembak. Bentuk dan warna sesungguhnya dapat berbeda.

Kompetisi :

  1. Waktu untuk menyelesaikan misi adalah 2 menit. Waktu mulai diukur ketika wasit membunyikan peluit sebagai tanda mulai robot, dan diakhiri ketika robot mencapai Base Camp. Waktu untuk menembak tidak diukur.
  2. Robot memulai dari Start Area. Seluruh bagian robot tidak diperkenankan melewati batas wilayah Start Area sebelum start.
  3. Juri berhak menghentikan permainan apabila robot tersangkut di dinding lebih dari 30 detik.
  4. Jika robot keluar dari jalur, permainan akan segera di hentikan. Nilai yang didapat hanya nilai yang telah diperoleh sebelumnya.
  5. Pada zona putih-abu-abu, nilai dianggap sah apabila seluruh bagian robot telah berada di area abu-abu.
  6. Apabila robot tidak berhasil melewati seluruh zona abu-abu (4 zona), robot tetap memiliki kesempatan untuk menembak jika robot berhasil mencapai Base Camp. Contoh: Apabila robot berhasil melewati 2 zona abu-abu dan mencapai Base Camp, maka robot mendapat nilai zona 20 poin dan mendapat kesempatan menembak bola.
  7. Hanya robot yang berhasil masuk ke dalam Base Camp yang mendapat kesempatan menembak. Robot dianggap berhasil masuk ke dalam Base Camp apabila seluruh bagian robot telah memasuki daerah Base Camp. Peserta diperkenankan menyentuh robot untuk mengatur arah menembak.
  8. point tembak diberikan berdasarkan posisi badan robot berada. Contoh: Apabila badan robot berada di area hijau, tetapi tangan robot memanjang menuju keranjang dan menembak, maka robot akan mendapat 20 poin. Akan tetapi apabila tangan robot menyentuh keranjang, maka robot hanya mendapat 5 poin, dimanapun robot berada (nilai tembak untuk area hitam).
  9. Nilai tembak diberikan apabila posisi akhir bola berada di dalam keranjang. Contoh: Apabila bola telah masuk ke dalam keranjang namun memantul kembali keluar, maka nilai tembak tidak akan diberikan. Backboard dapat digunakan sebagai bantuan menembak.
  10. Ketika robot menembak, robot harus berada di dalam area tembak (diantara garis hitam di kanan dan kiri). Apabila robot menembak dari luar area tembak, maka robot tidak akan mendapat poin.
  11. Untuk mendapatkan nilai tembak, robot harus menembak dari luar base camp kemudian kembali ke base camp. Apabila robot tidak kembali ke Base Camp, maka nilai tembak dianggap tidak sah.

Penilaian :

  1. Nilai Arena :
    • Melewati labyrinth : 30 points
    • Melewati 4 area abu-abu: 40 points (10 poin per area × 4 area = 40 poin);    Nilai ini hanya diberikan 1 kali per area.
    • Tiba di base camp : 10 points
  2. Nilai Menembak :
    • Area hijau : 20 points
    • Area Putih : 10 points
    • Area Hitam : 5 points
    • Setiap tim hanya memiliki 1 kali kesempatan menembak.
  3. Total Nilai :
    • 30 points (labirin) + 40 points (area abu-abu) + 10 points (Base Camp) +    20/10/5 points (menembak)
    • Nilai Maximum : 100 points
    • Jika terjadi kesamaan nilai, maka ranking ditentukan berdasarkan waktu    tercepat hingga robot mencapai Base Camp.
( Sumber : Mikrobot http://www.mikrobot.com/iro2009 )
Login form
Search
Clock
Calendar
«  April 2024  »
SuMoTuWeThFrSa
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
282930
Our poll
Rate my site
Total of answers: 7
Entries archive
Site friends
  • Robokidz Surabaya
  • Robokidz Solo
  • Mikrobot

  • Main | Registration | Login | RSS
    Copyright Robokidz Semarang © 2024
    Robokidz - Computer and Robotics Learning Center
    Jl. Hasanudin G-4A Semarang; Telp.(024) 3561338; Email : robokidz_semarang@yahoo.com
    Site managed by uCoz