Robot mulai dengan membawa satu bola ping-pong dari
Star Area, melewati labirin dan daerah abu-abu, dan menuju ke Base
Camp. Setelah di Base Camp, robot menembak bola.
Dimungkinkan adanya peraturan tambahan, dan akan diumumkan sebelum pertandingan dimulai.
ARENA :
Arena pertandingan terbuat dari beberapa bahan seperti kayu,
plastik, dan lain-lain, dan akan diberi warna sesuai dengan gambar di
atas.
Ukuran dalam arena adalah panjang 2360 mm dan lebar 1160 mm.
Ukuran luar arena adalah panjang 2440 mm dan lebar 1240 mm. Tinggi
dinding labirin adalah 100 mm. Lebar garis hitam adalah 18 mm.
Terdapat dinding pembatas di antara 4 zona putih-abu-abu.
Ukuran dinding pembatas tersebut adalah panjang 1100 mm, tinggi 100 mm,
dan lebar 12 mm.
Ukuran Start Area adalah panjang 250 mm dan lebar 250 mm. Ukuran Base Camp adalah panjang 450 mm dan lebar 300 mm.
Ukuran keranjang bola adalah diameter 100 mm dan tinggi 100
mm. Ukuran Backboard dari keranjang adalah tinggi 200 mm dan lebar 300
mm.
Bola untuk menembak adalah bola ping-pong berwarna kuning/orange. Jumlah bola hanya 1 (satu) buah.
Tidak terdapat dinding pembatas pada seluruh tepi arena. Akan
tetapi terdapat garis pembatas hitam. Lebar garis pembatas hitam adalah
40 mm.
Toleransi kesalahan ukuran arena ± 5 cm.
Gambar dibawah ini merupakan contoh keranjang bola untuk menembak. Bentuk dan warna sesungguhnya dapat berbeda.
Kompetisi :
Waktu untuk menyelesaikan misi adalah 2 menit. Waktu mulai diukur
ketika wasit membunyikan peluit sebagai tanda mulai robot, dan diakhiri
ketika robot mencapai Base Camp. Waktu untuk menembak tidak diukur.
Robot memulai dari Start Area. Seluruh bagian robot tidak diperkenankan melewati batas wilayah Start Area sebelum start.
Juri berhak menghentikan permainan apabila robot tersangkut di dinding lebih dari 30 detik.
Jika robot keluar dari jalur, permainan akan segera di
hentikan. Nilai yang didapat hanya nilai yang telah diperoleh
sebelumnya.
Pada zona putih-abu-abu, nilai dianggap sah apabila seluruh bagian robot telah berada di area abu-abu.
Apabila robot tidak berhasil melewati seluruh zona abu-abu (4
zona), robot tetap memiliki kesempatan untuk menembak jika robot
berhasil mencapai Base Camp. Contoh: Apabila robot berhasil melewati 2
zona abu-abu dan mencapai Base Camp, maka robot mendapat nilai zona 20
poin dan mendapat kesempatan menembak bola.
Hanya robot yang berhasil masuk ke dalam Base Camp yang
mendapat kesempatan menembak. Robot dianggap berhasil masuk ke dalam
Base Camp apabila seluruh bagian robot telah memasuki daerah Base Camp.
Peserta diperkenankan menyentuh robot untuk mengatur arah menembak.
point tembak diberikan berdasarkan posisi badan robot
berada. Contoh: Apabila badan robot berada di area hijau, tetapi tangan
robot memanjang menuju keranjang dan menembak, maka robot akan mendapat
20 poin. Akan tetapi apabila tangan robot menyentuh keranjang, maka
robot hanya mendapat 5 poin, dimanapun robot berada (nilai tembak untuk
area hitam).
Nilai tembak diberikan apabila posisi akhir bola berada di
dalam keranjang. Contoh: Apabila bola telah masuk ke dalam keranjang
namun memantul kembali keluar, maka nilai tembak tidak akan diberikan.
Backboard dapat digunakan sebagai bantuan menembak.
Ketika robot menembak, robot harus berada di dalam area
tembak (diantara garis hitam di kanan dan kiri). Apabila robot menembak
dari luar area tembak, maka robot tidak akan mendapat poin.
Untuk mendapatkan nilai tembak, robot harus menembak dari
luar base camp kemudian kembali ke base camp. Apabila robot tidak
kembali ke Base Camp, maka nilai tembak dianggap tidak sah.
Penilaian :
Nilai Arena :
• Melewati labyrinth : 30 points
• Melewati 4 area abu-abu: 40 points (10 poin per area × 4 area = 40 poin); Nilai ini hanya diberikan 1 kali per area.
• Tiba di base camp : 10 points
Nilai Menembak :
• Area hijau : 20 points
• Area Putih : 10 points
• Area Hitam : 5 points
• Setiap tim hanya memiliki 1 kali kesempatan menembak.
Total Nilai :
• 30 points (labirin) + 40 points (area abu-abu) + 10 points (Base Camp) + 20/10/5 points (menembak)
• Nilai Maximum : 100 points
• Jika terjadi kesamaan nilai, maka ranking ditentukan berdasarkan waktu tercepat hingga robot mencapai Base Camp.
( Sumber : Mikrobot http://www.mikrobot.com/iro2009 )