Robot mulai dari Base Camp, melewati rintangan
tanjakan, membawa bola berwarna yang ditunjuk dan meletakkannya
dilubang dengan warna yang sama.
Dimungkinkan adanya peraturan tambahan, dan akan diumumkan sebelum pertandingan dimulai.
ARENA :
Arena pertandingan terbuat dari beberapa bahan seperti kayu,
plastik, dan lain-lain, dan akan diberi warna sesuai dengan gambar di
atas.
Ukuran dalam arena adalah panjang 2360 mm dan lebar 1150 mm.
Ukuran luar arena adalah panjang 2440 mm dan lebar 1230 mm. Warna dasar
adalah putih. Lebar garis hitam adalah 18 mm.
Ukuran Base Camp adalah panjang 1230 mm dan lebar 250 mm.
Ukuran tanjakan adalah panjang 1230 mm, lebar 360 mm, dan
tinggi 40 mm. Bak yang berada di tengah tanjakan berukuran panjang 600
mm, lebar 160 mm, tinggi 40 mm, dan diisi dengan bola ping-pong.
Terdapat dinding pembatas di sekeliling arena. Ukuran dinding pembatas adalah tinggi 100 mm dan tebal 40 mm.
Bola merah dan biru diambil dari set 9797. Bola diletakkan di
atas roda pulley. Posisi peletakan bola dapat dilihat pada gambar di
bawah. .
Ukuran bola adalah diameter 50 mm dan ukuran lubang adalah diameter 100 mm.
Toleransi kesalahan ukuran arena ± 5 cm.
KOMPETISI :
Robot berjalan melalui rintangan berupa tanjakan, kemudian
mengambil bola dan memasukkannya ke lubang yang memiliki warna sama
dengan warna bola.
Robot memulai dari Base Camp. Seluruh bagian robot tidak diperkenankan melewati batas wilayah Base Camp sebelum start.
Waktu untuk menyelesaikan misi adalah 2 menit. Waktu mulai diukur ketika wasit membunyikan peluit sebagai tanda mulai robot.
Setelah permainan dimulai, peserta tidak diperkenankan
menyentuh robot diluar Base Camp. Tim yang melanggar peraturan ini akan
didiskualifikasi.
Ketika melalui rintangan bola ping-pong, robot akan mendapat
poin hanya apabila kedua roda robot berada di dalam bak bola ping-pong.
Jika robot memasukkan bola biru dan merah ke dalam lubang
yang benar (warna sama), maka robot akan mendapatkan nilai. Jika robot
memasukkan bola ke dalam lubang yang salah (warna beda), maka robot
tidak akan mendapatkan nilai.
Robot memulai dari Base Camp, menyelesaikan misi, dan
setelah robot kembali ke Base Camp, permainan dinyatakan selesai. Robot
dianggap kembali ke Base Camp apabila ada bagian robot yang telah
memasuki daerah Base Camp.
Warna lubang terlihat di dinding diatas lubang.
Lubang dibuat hingga dasar arena. Kedalaman lubang tidak diberitahukan.
Robot diijinkan untuk menggunakan cara apa saja untuk memasukkan bola ke dalam lubang.
PENILAIAN :
Nilai tanjakan (ketika robot kembali ke Base Camp, robot dapat memperoleh nilai lagi)
• Melewati area tanpa bola : 10 poin
• Melewati area bola : 20 poin
Contoh :
• Jika robot mulai melalui area bola kemudian kembali melalui area bola maka robot akan mendapatkan nilai 40 point.
• Jika robot mulai melalui area tanpa bola kemudian kembali melalui area bola maka robot akan mendapatkan nilai 30 point.
Nilai Bola :
• Meletakkan bola pada lubang yang benar (warna bola sesuai dengan warna lubang) : 20 poin
• Meletakkan bola pada lubang yang salah : 0 poin
Total Nilai :
• Nilai maksimum : 120 point
• Jika terjadi kesamaan nilai, maka ranking di tentukan berdasarkan waktu tercepat.
( Sumber : Mikrobot http://www.mikrobot.com/iro2009 )