Robot mengikuti jalur
rintangan hingga Mission Point dan kemudian membawa bola pingpong
sebanyak-banyaknya kembali ke Base Camp.
Dimungkinkan adanya peraturan tambahan, dan akan diumumkan sebelum pertandingan dimulai.
ARENA :
Arena pertandingan terbuat dari beberapa bahan seperti kayu,
plastik, dan lain-lain, dan akan diberi warna sesuai dengan gambar di
atas.
Ukuran arena adalah panjang 2400 mm dan lebar 1200 mm. Warna dasar adalah putih. Lebar garis hitam adalah 18 mm.
Ukuran Base Camp adalah panjang 250 mm dan lebar 250 mm.
Ukuran tanjakan adalah lebar 250 mm dan tinggi 30-50 mm. Rintangan di jalur adalah komponen beam LEGO berwarna hitam.
Ukuran Mission Point adalah panjang 400 mm, lebar 200 mm, dan tinggi 100 mm.
Tidak terdapat dinding pembatas pada seluruh tepi arena.
Bola pada Mission Point adalah bola ping-pong berwarna
kuning/oranye. Jumlah bola adalah 100 buah. Bola dimasukkan dalam bak
secara acak (tidak beraturan).
Toleransi kesalahan ukuran arena ± 5 cm.
Kompetisi :
Robot memulai dari Base Camp. Seluruh bagian robot tidak diperkenankan melewati batas wilayah Base Camp sebelum start.
Waktu untuk menyelesaikan misi adalah 2 menit. Waktu mulai diukur ketika wasit membunyikan peluit sebagai tanda mulai robot.
Jika kedua roda robot keluar dari jalur, permainan akan segera
di hentikan. Nilai yang didapat hanya nilai yang telah diperoleh
sebelumnya.
Robot tidak diperkenankan kembali ke Base Camp melalui jalur
yang sama. Contoh: Apabila robot mulai dari jalur A, maka robot harus
kembali melalui jalur B atau C.
Robot memulai dari Base Camp, menyelesaikan misi, dan
setelah robot kembali ke Base Camp, permainan dinyatakan selesai. Robot
dianggap kembali ke Base Camp apabila ada bagian robot yang telah
memasuki daerah Base Camp.
Setelah permainan dimulai, peserta tidak diperkenankan
menyentuh robot diluar Base Camp. Tim yang melanggar peraturan ini akan
didiskualifikasi.
Penilaian :
Nilai Tanjakan dan Rintangan :
• Melewati tanjakan : 10 point
• Melewati halangan : 10 point untuk setiap daerah
Nilai Bola :
• Bola yang di bawa kembali ke Base Camp : 10 point setiap satu bola
• Jika robot keluar dari jalur ketika membawa bola ke Base Camp, maka
robot tidak akan mendapat nilai bola dan permainan akan dihentikan.
Nilai yang didapat hanya nilai yang telah diperoleh sebelumnya. .
Total Nilai :
• 30 point (tanjakan dan rintangan) + 10 point (× jumlah bola yang dibawa).
• Jika terjadi kesamaan nilai, maka ranking ditentukan berdasarkan waktu tercepat.
Contoh :
• Robot mulai dari jalur tengah, membawa 30 bola, dan kembali ke base
camp melalui jalur kiri 30 poin (rintangan + tanjakan + rintangan) +
300 poin bola = 330 point .
( Sumber : Mikrobot http://www.mikrobot.com/iro2009 )